Hukum Coulomb

Pengertian muatan listrik menunjukkan bahwa muatan tidak menyebar pada daerah tertentu melainkan berkumpul dalam satu titik. Pada tahun 1785 Charles Coulomb mengadakan penelitian pertama tentang gaya yang ditimbulkan oleh dua benda yang bermuatan dengan alat yang bernama neraca puntir Coulomb.

Dari hasil percobaan tersebut, Coulomb berkesimpulan:
Besarnya gaya interaksi antara dua buah benda titik yang bermuatan listrik adalah berbanding lurus dengan perkalian antara masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan titik tersebut.
Hukum Coulomb adalah hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya yang timbul antara dua titik muatan, yang terpisahkan jarak tertentu, dengan nilai muatan dan jarak pisah keduanya.


Catatan :

a.> Gaya interaksi adalah tarik menarik jika kedua muatan tersebut berlainan tanda, dan akan saling tolak menolak jika kedua muatan tersebut bertanda sama.
 
b.> Gaya interaksi/ gaya coulomb merupakan besaran vektor jadi berlaku hukum penjumlahan secara vektor.

c.> Besar gaya coulomb yang dialami oleh dua muatan pertama akibat muatan kedua, sama dengan besar gaya coulomb yang dialami oleh muatan kedua akibat muatan pertama.

d.> Permitivitas dalam udara dapat dianggap sebagai permitivitas ruang hampa (vakum). Dalam sebuah ruangan yang terdapat muatan +Q, berdasar pada hukum Coulomb bila kita meletakkan muatan uji +q pada ruang tersebut akan mendapatkan gaya coulomb (tolak menolak).

You might also like