PROTISTA


Protista pertama kali muncul dipermukaan bumi sekitar 1,5juta tahun yang lalu. Saat ini tercatat 60.000 spesies protista yang telah dikenal orang(termasuk dari catatan fosil). Protista adalah makhluk hidup eukariotik sederhana yang tidak dapat di klasifikasikan sebagai hewan,tumbuhan,atau jamur. Protista telah memiliki nucleus yang sejati,mitokondria,kloroplas,reticulum endoplasma,kompleks golgi,flagel,dan silia. Nukleusnya sudah dapat membelah melalui proses mitosis dan meiosis. Protista dikenal makhluk hidup uniseluler.



1.BEBERAPA CIRI DAN SIFAT PROTISTA

Hampir semua proista bersifat aeorob dalam metabolismenya dan mengunakan mitokondria sebagai tempat respirasi selnya. Mereka dapat bersifat fotoautrotof dengan dimilikinya kloroplas,sedangkan yang lainnya berupa heterotof. Protista heterotrof memperoleh makanan dengan cara mengabsorpsi molekul-molukel organic atau dengan mencerna partikel-partikel makanan yang berukuran besar. Kebanyakan anggota kingdom protista memiliki flagel atau silia dalm siklus hidupnya,protista dapat melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi seksul dapat dilakukan dengan cara penyatuan dua inti dari duai individu.



2.KLASIFIKASI PROTISTA

Pengelompokan protista menjadi terasa sulit karena jumlahnya yang begitu besar. Namun menurut literature terbaru yang saat ini digunakan oleh para ahli taksonomi,protista dapat dibagi dalam 3 kategori yaitu:

1. Protista menyerupai hewan(protozoa)

2. Protista menyerupai jamur



3.PROTISTA MENYERUPAI HEWAN (PROTOZOA)

Protozoa berarti hewan yang pertama. Istilah protozoa pertama kali diperkenalkan karena anggota makhluk hidup tersebut tampak memiliki cirri-ciri hewan, seperti bergerak dan kemampuannya melakukan dalm mencerna makanan. Meskipun demikian, penggunaan istilah protozoa masih dipertahankan untuk suatu pengetahuan. Protozoa merupakan makhluk hidup uniseluler dan bersifat hiterogen. Mereka dapat hidup dilingkungan berair,air tawar,laut,atau ditempat yang lembab. Mereka dapat hidup secara seliter atau berkoloni. Beberapa jenis diantaranya ada yang hidup pada tumbuhan atau hewan sebagai parasit. Protozoa berreproduksi dengan cara vegetatif atau aseksual dan generatif atau seksual. Reproduksi vegetatif dilakukan dengan cara membelah diri dan generatifnya adalah konjugasi. Protozoa memiliki bermacam-macam alat gerak,misalnya berupa pseudopodia,silia, dan flagel.Biasanya,para saintis mengklasifikasikan protozoa berdasarkan alat gerak tersebut.



1. Klasifikasi Protozoa

Berdasarkan alat geraknya protozoa dapat diklasifikasikan menjadi 4 (empat) filum,yaitu Rhizopoda,Flagellata,Cilliata dan Sporozoa.



a). Filum Rhizopoda

Rhizopoda berasal dari kata rhizo = akar dan podos = kaki.Rhizopoda disebut juga sarcodina (sarkodes = daging).Rhizopoda merupakan makhluk hidup satu sel yang bentuk tubuhnya mudah berubah.Alat geraknya berupa kaki semu (pseudopodia) yang

merupakan bentuk penonjolan atau penjuluran dari protoplasma (dalam keadaan sol).

Ada beberapa macam bentuk pseudopodia,yaitu lobodia/ lobodium dll. Mereka berkembang biak dengan cara membelah diri.contohnya adalah Amoeba.

* Bentuk Tubuh Amoeba

Struktur tubuh amoeba terrdiri atas bagian-bagian sebagai berikut .

(a)Membran sel, yang merupakan pelindung dan sekaligius sebagai gerbang untuk masuknya dan keluarnya zat.

(b) Ektoplasma,sitoplasma yg bening dan terdapat didekat membrane sel

(c) Endoplasma yaitu sitoplasma yg terdapat disebelah dalam dari ektoplasma.Endoplasma lebih kental di banding ektoplasma dan sering sering tampak keruh adanya butiran-butiran atau granula.gerakan amuba dg pseudopodia dinamakan gerak ameboit

(d) organel yg terdapat didalam endoplasma yaitu berupa inti sel,fakuola makanan dan fakuola kontraktil



* Pencernaan Makanan

Makanan amuba baiasanya berupa ganggang,bakteri,protozoa laennya,dan tumbuhan yg sudah mati.cara menangkap makanan disebut fagetosis.



* Pernapasan Amoba

Amoba berreproduksi secara vegatatif yaitu dg cara membela diri

Jenis-jenis amoeba yg hidup didala manusia





* Reproduksi Amoeba

Amoeba bereproduksi secara vegetatif, yaitu dengan cara membelah diri.



Berikut ini adalah jenis amoeba yang hidup dalam tubuh manusia:

* Entamoba coli

* Enat moeba dysentriae

Hiduop parasit dalam tibuh manusia, dapat merusak selaput lender dinding usus, danmenyebabkan penyakit dysentri.

* Entamoeba ginggivalis

Hidup dirongga mulut (celah-celah gigi dan gusi)manusia dan menyebabkan penyakit penyakit pada gusi (gingivitis)

Jenis Rhizopoda tersebut antara lain:

* Arcella

* Diflugia

Hidup diair tawar , bentuknya lebih memanjang daripada arcella.

* Foraminifera

Biasanya hidup di laut. Kerangka tubuhnya memiliki banyak celah dan etrbuat dari zat kapur.



* Radiolaria (Heliospora)

Radiolaria memiliki kerangka tubuh bercelah-celah dan tidak teratur. Kerangka tubuh tersebut tersusun dari zat kersik.



* Heliozoa

Hidup di air tawar. Tubuh menyerupai matahaRI.



Beberpa Flagellata dikenal sebagai penyebab penyakit pada manusia dan heawan. Mereka antara lain:

* Trypanosoma gambiense dan Trypanosma rhodesiense

Hidup didalam plasma darah manusia, menyebabkan penyakit tidur yang bersifat endemic di Afrika tengah, dan dapat menyebar sampai ke Asia.

* Trypanosoma cruzi

Merupakan penyakit chagas dengan hospesnya anak-anak.

* Trypanosoma evansi

Parasit pada hewan ternak danmenyebabkan penyakit surra.

* Trypanosoma brucei

Merupakan penyebab penyakit nagana pada hewan ternak.

* Leishmania donovani

Menyebabkan penyakit kala-azar. Penyakit ini endemic di mesir dan dapat menyebar sampia ke India

* Trichomonas vaginalis

Parasit dalam vagina danmmerupakan penyakit penyebab keputihan pada wanita



c. Filum Ciliata

Ciliate berasal dari kata cilia (silia) yang berarti bulu getar. Jadi , Ciliata adalah protozoa yang ,memiliki bulu getar sebagai alat geraknya.

* Parameccium caudatum

Tubuh terdiri atas satu sel. Bagian tubuh anterior tampak tumpul sedang ujungnya posteriornya meruncing. Struktur tubuhnya tetap seperti sandal/sepatu dan memiliki selaput.

* Dindinium

Merupakan hewan yangmenghuni ekosistem perairan. Hewan ini hidup seperti predator terhadup Paramecium.

* Stenator

Hidup menatap di suatu tempat di dasra periaran. JIka keadaan tidak menguntungkan, hewan ini dapat berpindah tempat. Stentor memiliki bentuk seperti terompet.

* Vorticella

Vorticella memiliki bentuk tubuh seperti lonceng dengan tangkai panjang yang melekat pada substrat. Tangkai tersebut ada yang lurus dan ada pula yang berbentuk spiral. Silia hanya terdapat di sekitar mulut. Vorticella biasa hidup di air tawar.

* Stylonichia

Stilonichia biasa hidup di dasar kolam atau menempel pada daun.



* Balantidium coli

Merupakan jenis Cilitia penghu8ni usus tebal (kolon) Manusia. Pada keadaan tertentu dapat menimbulkan gangguan pada perut yang dinemukan balantidiosis Diare).



d. Filum Sporozoa

Sporozoa (Spora= benih, zoon= hewan) merupakan kelompok ptrotozoa yang tidak memiliki alat gerak, berupa silia, flagel maupun pseudopodia. Pergerakannya dilakukan dengan acara mengubah kleduukan tubuhnya. Tubuh berbentuk bulat panjang/ lonjong. Pada umunya bersifat parasit dandapat menyebabkan penyakit pada manusia dan heawn. Respirasi dan ekskresi dilakukuan dengan cara difusi. Makanan diperoleh dengan cara menyerap zat makanan dari hospesnya. Reproduksinya dapat secara vegetative dan generatif.

You might also like