Cara Sukses Memasarkan Usaha Franchise



Bisnis franchise adalah salah satu strategi atau cara dalam mengembangkan jaringan usaha dan mempercepat pertumbuhan bisnis walaupun sebenarnya banyak pilihan dalam mengembangkan usaha seperti misalnya dengan membuka cabang sendiri salah satunya namun dengan membuka cabang sendiri tentunya memerlukan investasi yang lumayan besar  dan waktu yang lama walaupun usaha tersebut masih miliki kita sendiri dan keuntungannya punya kita sendiri dengan kita membuka cabang sendiri paling tidak kita menginvestasikan uang kita terlebih dahulu seperti antara lain pembelian tempat atau sewa lokasi  usaha , perlu perekrutan tenaga kerja dan pembelian beberapa instrument atau peralatan penunjang lainnya :

Tujuan dan fungsi pemasaran dalam Bisnis franchise antara lain:
  1. Memasarkan paket Bisnis franchise kepada calon pembeli usaha franchise atau yang kita sebut dengan franchise.
  2. Memasarkan program nasional (National Campaign), yaitu membentuk citra perusahaan
  3. Pemasarana untuk meningkatkan pelanggan (End User), tujuan dalam memasarkan Bisnis franchise merupakan memperluas dan memperkuat jaringan usaha franchise kita.
Dalam memasarkan usaha dengan konsep Bisnis franchise kita harus memiliki kunci faktor kesuksesan dalam memasarkan franchise seperi:
  1. Product
  2. Target Market
  3. Promosi
  4. Penjualan : Strategi & Salesmanship
Kunci faktor kesuksesan ini merupakan senjata ampuh dalam mengembangkan usaha dengan konsep Bisnis franchise namun kunci faktor kesusksesan tersebut bisa saja dipakai dengan model usaha dengan konsep lainnya misalnya dengan konsep BO atau lisensi.
  1.  Produk  aspek produk merupakan hal terpenting dalam memasarkan  usaha dengan konsep franchise  hal yang terpenting dalam pengetahuan produk, misalnya:
  • Business Concept
    • Yaitu sebuah konsep bisnis yang akan berikan kepada calon pembeli usaha franchise kita dalam business concept ada beberapa hal yang perlu dipelajari  seperti: 
      •  Apa bentuknya.
      •  Sistem Franchise apa yang akan diterapkan.
      • Berapa Harganya.
      • Dimana daerahnya.
  • Aspek yang dijual.
    • Yaitu  hal apa saja yang akan kita tawarkan kepada calon franchiser kita misalnya:
      • Brand atau merek yang terkenal.
      • Dukungan saat memulai usaha (Support Business start-up)
      • Traineer yang profesional.
      • Keunikan bisnisya.
      • Dukungan pemasaran.
  • Proses dan hubungan yang terjadi.
    • Yaitu proses dimana terjadi  jalinan kerjasama atau hubungan antara pemberi bisnis franchise (Franchisor) dan penerima bisnis franchise (Franchisee) dalam masa proses ini kita mengalami beberapa fase, antara lain:
      • Masa saling tertarik.
      • Masa saling menyadari dunia nyata.
      • Masa Menarik diri, Independent.
      • Masa menjadi dewasa ,saling pengertian dan independen.

Dalam menjalankan bisnis franchise  tentunya  kunci sukses memasarkan merupakan hal yang paling penting dalam mengembangkan jaringan usaha kita dan walaupun  produk kita sangat baik dan terkenal namun tidak menjamin apakah bisnis franchise kita akan sukses luar biasa tanpa pemasaran yang benar.

You might also like